Selasa, 08 Mei 2007

ICA Singapura .... sekarang

ICA di sini singkatan dari Immigration & Checkpoints Authority. Dulu, beberapa tahun lalu, setiap kali saya harus berurusan dengan imigrasi di sini, entah yang mengurus pelaporan pergantian paspor, perpanjangan Dependant's Pass atau pengurusan pendaftaran Permanent Resident, rasanya seperti akan berkunjung ke rimba yang dingin (memang ACnya dingin sih) serta kurang bersahabat. Perasaan ini setengahnya timbul karena setiap kali kita berkunjung ke ICA...sudah pasti kita sedang mengurus suatu hal penting, yang biasanya...kurang kita mengerti seluk beluknya. Jadinya ya itu tadi...cemas, takut melakukan kesalahan, bingung harus bertanya kepada siapa, karena petugas di sana amboii.... terkenal kurang sabarnya!

Tadi pagi saya ke ICA mengurus perpanjangan Visa Jangka Panjang untuk ibu saya. Sejak pagi saya sudah di sana, sendiri saja...tidak membawa anak dan ibu, karena hanya membayangkan betapa panjang antrian nomor saja sudah membuat saya kebat kebit, jantung saya berdebar lebih cepat dari biasanya. Repot sekali membawa anak kecil yang tidak sabar menunggu, tempatnya pun kurang ramah terhadap anak2. Tapi...apa yang terjadi? Kejutan....kejutan....

Sekarang mengambil nomor antri pelayanan tidak perlu antri panjang (duhhh....jangan bingung ya dengan istilah yg saya pakai), karena sudah ada mesin otomatis yang bisa kita operasikan sendiri. Tinggal pilih, Social Visit Pass atau Student Pass atau Professional Pass? Application atau Renewal? Collection atau Medical Check up? Waaa.....enaknya. Tidak sampai satu jam saya sudah dilayani. Ini rekor loh....biasanya saya harus siap menghabiskan waktu setengah hari di sana.

Satu lagi. Di ICA sekarang ada banyak petugas paruh waktu yang tentu saja mempercepat proses pelayanan. Dan....wahai....mereka sekarang murah senyum dan jauh lebih sabar melayani pengunjung.

Jadi....jangan khawatir lah sekarang. Berurusan dengan ICA bukan lagi suatu hal yang menakutkan (asal berurusannya bukan karena pelanggaran imigrasi atau terlibat penyelundupan barang yaaaa)

Ohya...banyak pelayanan mereka yang sekarang bisa dilakukan secara online, termasuk perpanjangan visa jangka panjang untuk orang tua dll. Mau info lebih banyak tentang bermacam pelayanan mereka? Silakan mampir ke : www.ica.gov.sg

Tidak ada komentar:

Popular Posts